Pengenalan Posisi saat Memegang Gitar

Pada umumnya ada beberapa posisi gitar atau cara memegang gitar, ini tergantung dari jenis gitar apa yang mereka mainkan dan jenis aliran musik apa yang mereka miliki. Meskipun terlihat sepele namun ini sangat penting untuk kamu yang belum tahu posisi gitar/cara memegang gitar yang baik berdasarkan jenis musik dan jenis gitarnya.

Sebelum kita memulai pembelajaran materi 4 ini,  bagi kamu yang baru masuk ke blog gitar junior dan belum mempelajari materi dasar 1 sampai 3 , silakan anda cari di artikel-artikel sebelumnya dengan judul [materi belajar].

Ini 3 judul materi sebelumnya yang bisa kamu pelajari :
1. 10 struktur detail tubuh gitar 
2. Cara stem gitar fals yang baik dan benar
3. Cara memasang senar gitar yang baik dan benar

Pengenalan posisi Gitar untuk Pemula

Gitar Akustik

Pengenalan posisi saat memegang gitar
Sebagai pemula , bermain gitar bukan hanya paham bagaimana membentuk kord dan lihai memetik atau mengocok senar gitar saja , namun kamu harus memahami masalah penempatan posisi gitar saat  anda pegang.

Ini terlihat seperti masalah sepele, tapi tidak jika kamu mengerti bagaimana pentingnya posisi gitar.

 Seperti kamu lihat sendiri gambar di atas adalah penempatan posisi gitar yang benar dan mesti kamu lakukan. Posisi yang benar terlihat dari :

# Posisi tubuh gitar yang menempel pada perut
Posisi tubuh gitar wajib menempel pada perut anda jangan sampai tubuh gitar tidak menempel, karena anda akan kesulitan untuk membentuk kunci dan saat mengocok atau memetik senar gitar.

# Posisi gitar tegak atau tidak miring
Seperti yang kamu lihat pada gambar , bahwa posisi gitar tidak miring tetapi tegak.  Ini membantu anda agar tetap nyaman saat memegang gitar , tidak merasa pegal jika berlama-lama dipegang.

# Lekukan tubuh gitar pada paha kaki
Untuk gitar akustik sendiri posisi lekukan tubuh gitar yang benar berada pada paha kaki sebelah kanan dan bukan di sebelah kiri.

Itulah contoh bagaimana memegang gitar yang tepat. Kamu boleh mencobanya sekarang dan cobalah untuk membiasakan posisi seperti ini. Jangan mengubah - ubah posisi gitar. Meskipun anda sedang duduk sila di lantai atau sedang duduk memakai kursi atau bahkan berdiri , posisi tubuh gitar tetap tegak dan tidak miring.

Variasi posisi gitar berdasarkan Jenis musik

Berbeda aliran musik berbeda pula cara memegang gitarnya. Meskipun anda masih pemula , sebaiknya kamu tetap memahaminya dari awal. Ada beberapa jenis aliran musik yang memiliki caranya sendiri saat memegang gitar. Ini bisa disebabkan karena faktor bentuk gitar atau memang dari sananya seperti itu.

Berikut Beberapa cara memegang gitar yang bervariasi menurut aliran musiknya.

Gitar Klasik

Pengenalan posisi saat memegang gitar
Gambar di samping adalah posisi gitar klasik , Terlihat sangat berbeda dengan posisi saat memegang gitar akustik.

Perbedaan :
1. Gitar Klasik menumpu lekukan tubuh gitar di bagian kiri paha kaki. Berbeda dengan gitar akustik yang menumpu lekukan gitar pada paha kanan.

2. Gitar Klasik lebih condong mengangkat leher gitar ke atas , jadi posisi tangan lebih naik.Berbeda dengan posisi gitar akustik yang tetap pada posisi sejajar dengan tubuh gitar.

3. Biasanya posisi gitar akustik memakai bantuan alat pada bagian kaki kiri , agar kaki kiri lebih tinggi dan menopang lekukan tubuh gitar lebih naik lagi.

4. posisi badan tetap tegak sama seperti saat memegang gitar akustik.

Secara garis besar , bentuk gitar klasik dan gitar akustik tidaklah berbeda , suara yang dihasilkan dari gitar klasik ini pun tidak berbeda dengan gitar akustik , meskipun senar yang digunakan oleh gitar klasik adalah senar nilon. Yang membedakan hanya dari cara memegang gitar dan posisi tubuh gitar pada saat dimainkan.

Gitar Ukulele (Keroncong)

Pengenalan posisi saat memegang gitar
Tidak berbeda dengan gitar akustik dan gitar klasik . Gitar keroncong merupakan gitar yang memiliki ukuran mini dan senar yang lebih sedikit daripada gitar klasik dan akustik pada umumnya yang  hanya berjumlah 4 buah senar saja.

Meskipun mini , tidak berarti kualitas suara yang dihasilkan menjadi kurang baik , justru gitar ukelele ini banyak digemari oleh orang banyak juga karena suara yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan gitar klasik atau gitar akustik.

Posisi saat memegang gitar pada ukulele mirip dengan cara memegang gitar klasik dan akustik. Hanya saja untuk memegang gitar ini akan sedikit naik ke atas (pada bagian dada) dan biasanya dihapit oleh tangan kanan saat berdiri , dan di tumpu oleh kaki kanan saat duduk.

Selain itu gitar ukulele lebih ringan daripada gitar klasik dan gitar akustik. ini dikarenakan ukurannya yang mini. Gitar ini paling mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang lebih kecil dari gitar akustik. Kunci-kunci yang digunakan pada gitar ukulele ini berbeda dengan gitar klasik maupun akustik , dikarenakan jumlah senar yang di miliki oleh gitar ukelele ini. Kunci gitar ini lebih condong ke kunci-kunci kecil.

Kesimpulan

Ke tiga jenis gitar dan jenis aliran musiknya ini yang menjadi umum terdengar di telinga masyarakat. Sebetulnya masih banyak jenis yang lain namun jika harus di runtun satu-satu jenis gitar berdasarkan negara dan kebudayaannya, mungkin bisa terlalu banyak dan keluar dari jalur pembelajaran di materi ini. Mungkin di artikel lainnya saya akan buatkan secara terpisah agar tidak menggangu materi belajar ini.

disini sengaja saya hanya memberikan 3 jenis saja yaitu cara memegang gitar akustik,gitar klasik,dan gitar ukulele atau kerap disebut keroncong kalau di negara kita.

Usahakan belajar posisi gitar akustik ini dulu sebelum melangkah ke bagian kord atau kunci gitar , karena bagian ini bisa sangat membantu kenyamanan anda saat membentuk kunci gitar maupun saat memegang gitar.

Cukup untuk kali ini tentang materi pengenalan posisi saat memegang gitar . Jika ada yang ingin anda tanyakan , silakan menghubungi saya di kontak yang sudah saya siapkan di blog ini. Selamat belajar dan semoga bermanfaat. Salam Musisi !