Tips Membedakan Gitar Akustik Yang Bagus

Materi belajar kali ini adalah tentang membedakan gitar yang bagus. Untuk kamu yang masih pemula pasti akan kesulitan untuk membedakan mana gitar yang bagus dan jelek. Sebetulnya sebuah gitar khususnya gitar akustik terlihat sama dari segi bentuk , lekukan tubuh gitar , tuning dan lain sebagainya. Tapi jika kamu punya kemampuan dalam bermain gitar sudah tentu bisa menilai mana gitar yang bagus dan jelek.

Ada banyak sekali merk gitar di dunia dan tentu tidak semuanya bagus dalam hal-hal tertentu.

Berikut beberapa tips dari saya untuk membedakan gitar yang bagus.

# Perhatikan tulang pada bagian sisi gitar
Setiap gitar yang bagus itu mempunyai tulang berwarna putih pada bagian body atau tubuh gitar . Tulang ini mengelilingi setiap body depan dan body belakang gitar. Tulang gitar ini berfungsi untuk menahan gitar saat terjatuh atau accident yang tidak terduga sehingga gitar terbanting. Jika Body gitar tidak mempunyai tulang , bisa dipastikan gitar tidak akan bertahan lama , entah itu bisa retak dengan cepat pada bagian body , atau body bisa terbuka karena disimpan di tempat lembab dan lain sebagainya.

# Kualitas kayu
Kualitas kayu pada gitar merupakan faktor penentu mengapa gitar tersebut berkualitas. Biasanya gitar yang bagus itu terbuat dari kayu mahogani atau kayu jati. Dan biasanya gitar yang bagus, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan.kalau bisa dibilang bobotnya diantara berat dan ringan. Maka dari itu kalau kamu ingin membeli sebuah gitar , usahakan bawa teman kamu yang paham seluk beluk gitar, agar kamu tidak tertipu saat memilih gitar. Jangan salah gitar zaman sekarang memang menampilkan bentuk dan merk yang sama namun kualitasnya sama sekali buruk.

# Perhatikan leher gitar
Ini yang sering orang lupakan. Suara gitar jelas dipengaruhi oleh leher gitar , jika leher gitar sedikit miring atau bengkok saja , itu akan mempengaruhi kualitas suara. Cara terbaik untuk melihat hal ini adalah dengan cara memposisikan ekor gitar di depan mata kamu ( seperti meneropong ) dan lihat dengan jelas apakah dari kepala ,leher dan body gitar ada yang cacat seperti leher terlihat bengkok atau tidak. Cara ini efektif untuk melihat kualitas design.

# Perhatikan senar gitar
Tidak lupa juga setelah melihat dengan jelas bahwa bentuk kepala , leher , dan body tidak ada yang cacat. Kamu bisa mencoba melihat senar gitar dari posisi samping apakah senar gitar meregang terlalu tinggi atau normal alias datar dari ujung kepala sampai ekor gitar. Biasanya gitar yang kurang bagus senar akan terlihat dari ujung kepala datar tapi setelah menuju ke leher sampai ke ekor senar gitar semakin menanjak alias tidak rata ( ini bisa terjadi karena desain saddle terlalu tinggi atau tidak sempurna ).

# Perhatikan tuning
tuning/ alat pemutar pada bagian kepala. Usahakan cek alat pemutar pada bagian kepala, biasanya alat pemutar kepala yang jelek tidak bisa memutar senar. Artinya gini , tuning memang bisa di putar namun senar tidak ikut bergerak. Hal ini jangan sampai terjadi pada gitar yang baru anda beli.

Ke lima hal di atas merupakan bebeberapa cara membedakan gitar yang bagus. Saran saya adalah jangan sampai tertipu dengan merk saja , tapi perhatikan juga secara detail mulai dari desain sampai hal-hal yang sepele agar kamu tidak merasa dirugikan saat membelinya. Saya merekomendasikan merek gitar Alegro dan yamaha sebagai merk gitar yang bagus dan patut untuk di pakai.


Tips memilih senar gitar

Selain gitar , senar merupakan faktor pendukung mengapa suara gitar begitu nyaring. untuk kamu yang pemula wajib mengetahui senar gitar yang biasa saja dan senar gitar yang bagus.

Untuk pemula karena tujuannya belajar , kamu bisa memilih senar yang bermerk pyramid . Kenapa pyramid ? karena pyramid lebih terjangkau dan bisa di beli satuan.

Tapi untuk yang profesional , mungkin merk atom menjadi pilihan terbaik , selain kualitas senar yang kuat , suara yang dihasilkan dari senar ini terbilang sangat baik. Biasanya merk atom tidak bisa beli satuan karena sudah terpaket 6 senar di dalamnya. Untuk harganya lumayan juga , tapi tidak jadi masalah karena kekuatan senar patut di acungi jempol ( harga tidak akan menipu ).


Kesimpulan

1. Ketelitian saat membeli gitar sangat diperlukan , jangan sampai tertipu dengan merek atau bentuk saja.

2. Cek sampai hal-hal detail jangan sampai hal sepele membuat gitar yang anda beli menjadi kurang memuaskan.

3. Ajak teman kamu yang paham soal gitar , karena ini bisa membantu menentukan pilihan terbaik dari gitar yang akan kamu beli.

4. Usahakan tes gitar secara keselurahan sebelum kamu beli agar kamu benar-benar yakin akan membeli gitar tersebut.

5. Usahakan gitar yang kamu beli tersebut mempunyai garansi pembelian. Agar sewaktu-waktu jika ada masalah dengan gitar yang kamu beli bisa di atasi.

Oke mudah-mudahan dari materi ini kamu mulai tercerahkan untuk memutuskan gitar yang kamu beli. Semoga bermanfaat.