Musik Jazz Menurut Pandangan Saya

Musik Jazz Menurut Pandangan Saya
Anda pecinta musik Jazz ? Saya pribadi adalah penikmat sekaligus berkiblat pada aliran musik ini . Salah satu hal yang membuat saya suka dengan jazz adalah nuansa musiknya yang tidak memiliki alur -alur yang dibatasi .

Kenapa saya bilang "nuansa musik yang tidak memiliki alur pasti" ? nanti saya jawab. Tapi inilah salah satu faktor yang membentuk Jazz sebagai musik yang unik.

Menurut wikipedia, Jazz pertama kali  ada dan diperkenalkan di negara Amerika Serikat di awal abad ke-20 yang berakar dari musik afrika dan eropa . Namun diluar sana masih terjadi perdebatan karena kurangnya fakta pendukung bahwa musik jazz berasal dari negara tersebut. Ya, itu hal wajar kenapa manusia masih memperdebatkannya,karena musik itu berasal dari Tuhan menurut saya pribadi dan negara hanya perantara saja.Ini menurut saya pribadi loh ya.

Ada beberapa sudut pandang yang menurut saya aliran Jazz ini memiliki 2 hal yaitu kelebihan dan kekurangan. Namun dari kelebihan dan kekurangan inilah Musik Jazz menarik perhatian kaum pecinta aliran musik jenis ini. 

Kelebihan Musik Jazz

Musik jazz pada umumnya dikenal sebagai musik yang "berkelas" , jika dilihat dari sudut pandang saya di Negara Indonesia entah jika dinegara lain. Meskipun begitu Musik Jenis ini jelas tidak memandang status apapun dan semua orang didunia ini bisa menikmati jazz tanpa terkecuali.

Dari segi Improvisasi , aliran musik ini sangat kental dengan yang namanya "feel" . Tanpa adanya feel yang bagus, musik dengan aliran ini akan terasa hambar didengar . Oleh sebab itu untuk menjadi musisi di genre ini , diperlukan feel dan skill musik yang bagus . Ini yang menyebabkan beberapa ketertarikan orang terhadap musik jenis Jazz.

Alat musik yang digunakan pun tergolong cukup lengkap , mulai dari gitar , biola ,trombon , drum , bass , piano , trompet hingga saksofon. 

Dari improvisasi inilah mengapa jenis musik tersebut menjadi terkesan unik. Para musisi dan vokalis jazz yang profesional selalu bisa menampilkan "sebuah nada yang berbeda" dengan tehnik improvisasi yang dihasilkan dari sebuah feel.

Aliran Musik Ini terkadang condong ke arah formal ( resmi ) dan banyak digunakan untuk sebuah pesta pernikahan dan acara-acara tertentu ( meskipun musik ini banyak juga ditemui di cafe-cafe dan acara-acara non formal ).

Kekurangan Musik Jazz

Dari Sudut pandang saya pribadi , Musik jazz masih sedikit peminatnya di Negara Indonesia, Selain itu alat-alat yang digunakan oleh musisi Jazz terbilang bukan alat-alat yang murah belum lagi termasuk perawatan alat-alatnya. Itulah mengapa salah satu faktornya Musik Jazz sering di artikan dengan musik berkelas.

Aliran jazz butuh penguasaan musik yang terbilang cukup sulit dipelajari . Karena musik jenis ini lebih mengedepankan penguasaan feel yang digabung dengan musik . 

Lirik lagu jazz terbilang sulit dicerna untuk masyarakat awam. Masyarakat lebih menyukai jenis musik yang terbilang simpel dan didukung bahasa yang mudah dicerna.

Kesimpulan Menurut Pandangan Saya

Musik Jazz sebetulnya bisa dipelajari jika ada niat dan ketekunan , Semua jenis musik pasti memiliki kelebihan dan kekurangan menurut pandangan masing-masing , namun dengan adanya statment kelebihan dan kekurangan yang terucap dari setiap orang tidak merusak dan mengubah sama sekali keindahan Aliran-aliran  musik yang sudah ada. 

Jazz intinya menyukai "keindahan musik" tanpa ada alur-alur yang dibatasi. Ekspresi keindahan musik yang dituang dari sebuah musik jazz lebih terasa jika anda orang yang bergenre musik jenis ini.

Akhir kata , Aliran jenis musik apapun pasti mempunyai peminatnya masing-masing , Tidak perduli jenis aliran musik yang disukai asal semuanya positif akan indah dan merdu terdengar. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam Musisi !