10 Struktur Detail Tubuh Gitar Akustik

Gitar memang salah satu alat musik yang paling umum dan banyak di gemari . Selain mudah untuk di pelajari , alat musik ini terdengar merdu jika kita bisa memainkannya. Oleh karena itu jika kamu memang berniat terjun ke dunia gitar , yang harus kamu lakukan adalah belajar gitar dari awal dan tekun pelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu sebelum menginjak ke tingkat medium dan profesional.

Nah , kali ini bagi kamu yang belum mengenal 10 struktur detail tubuh gitar akustik. Saya akan coba menerangkan seperti apa saja bagian-bagian penting dalam tubuh gitar yang wajib kamu ketahui.

Alasan penting mengetahui struktur tubuh gitar :

# kamu bisa memperbaiki kerusakan ringan gitar seperti senar yang fals ,dll.
# kamu bisa paham mana gitar yang bagus dan kurang bagus
# kamu bisa mengenal detail gitar dan cara membersihkannya
# dan masih banyak lagi

Oke sebelum lanjut, saya akan coba memberikan sebuah gambar yang bisa kamu lihat dan amati dulu secara keseluruhan gitar.

10 Struktur detail tubuh gitar akustik
Gambar disamping sudah saya siapkan untuk anda beserta 10 bagian-bagian penting yang harus kamu ketahui sebagai pemula.

Meskipun gambar ini tidak semua tampak dari berbagai sisi seperti sisi samping dan sisi belakang , tapi saya usahakan nanti jelaskan secara detail meskipun tidak ada dalam gambar.

Jenis gitar akustik dan gitar klasik tidak berbeda jauh seperti ini bentuknya jadi , kamu tidak perlu khawatir dan bertanya lagi bagaimana struktur tubuh gitar klasik. Kecuali gitar listrik yang mempunyai struktur tubuh yang berbeda dengan gitar klasik dari mulai senar sampai suara yang dihasilkan.

Bagian Penting Gitar

1. Head / kepala gitar 
Head atau kepala gitar berfungsi sebagai tempat enam senar yang di ikat pada alat stem yang berada pada bagian atas. Selain itu sebagai tempat menempelnya alat pemutar atau sering saya sebut sebagai tempat stem gitar ( alat pemutar senar yang fals).

2. Alat Pemutar / Stem gitar
Alat pemutar ini biasanya berbentuk kotak atau bisa juga yang lainnya. Seperti yang sudah saya jelaskan di nomor satu tadi bahwa stem ini berfunsi untuk memperbaiki senar gitar yang kurang pas atau fals . Selain untuk memperbaiki senar yang fals , jika kamu sudah mahir dan peka kamu bisa mengatur ketegangan senar pada gitar lewat alat ini.

3. Nut
Berada pada ujung leher gitar , fungsinya yaitu sebagai tempat jalur 6 senar yang menghubungkan senar dari ujung leher ke ujung ekor gitar. Biasanya saya menyebut nut ini sebagai tulang leher gitar karena biasanya berwarna putih tepat pada ujung lehernya.

4. Frets
Berada di sekujur leher atau batang gitar. Bentuknya lurus dan menonjol , Fungsi utamanya adalah sebagai pembatas kolom dan sekaligus yang membuat sebuah nada bisa semakin tinggi dan rendah adalah karena fret atau pembatas berbentuk lurus ini. semakin kamu menekan dan memetik senar di kolom fret bagian ujung semakin nada yang dihasilkan semakin tinggi. Jadi kurang lebih frets ini sebagai batas-batas nada.

5. Batang atau leher gitar
Tepat setelah kepala gitar adalah batang gitar atau bisa disebut juga leher gitar . Fungsi utamanya sebagai tempat penghasil nada,dimana fret-fret yang ada pada leher gitar menjadi tempat posisi nada dan kunci gitar. Biasanya posisi leher ini berujung di dekat lubang resonansi.

6. Bagian tubuh belakang gitar
Bagian belakang gitar umumnya datar dan polos . Fungsinya sudah jelas sebagai penutup lubang resonansi . Tujuan tubuh belakang  ini agar menghasilkan pantulan-pantulan suara yang ada pada lubang resonansi tersebut.

7. Lubang resonansi
Berada di bagian tubuh gitar , biasanya berbentuk bulat dan variasinya banyak tergantung gitar yang anda punya , pada umumnya gitar hanya memiliki satu lubang resonansi , namun tidak sedikit juga gitar yang memiliki dua lubang resonansi. Fungsinya sudah jelas yaitu untuk menghasilkan pantulan suara yang dikeluarkan dari petikan atau kocokan senar.

8. Senar Gitar
Senar pada gitar pada umumnya memiliki 6 bagian , mulai dari senar yang terkecil sampai senar yang besar , senar paling kecil berada di urutan pertama paling bawah dan senar paling besar berada paling atas atau di urutan ke enam. Jadi jangan lupa bahwa hitungan pada senar gitar adalah dari bawah bukan dari atas.

9. Saddle
Saddle ini mirip dengan nut , cuma yang membedakannya saddle berada pada ujung tubuh gitar , fungsinya sebagai jalur akhir dari 6 senar sekaligus pengait agar senar dapat berdiri pada posisinya masing-masing. Saddle ini biasanya berwarna putih dan saya biasa menyebutnya tulang ekor gitar karena selain berwarna putih , saddle ini berada di ujung tubuh gitar.

10. Tubuh Gitar
Body atau tubuh gitar ini adalah salah satu bagian terpenting yang harus kamu ketahui. Tubuh inilah yang menghasilkan suara. Selain itu jika tubuh gitar ini terjadi keretakan, maka hasil suara yang dikeluarkan tidak akan bagus lagi. Jadi bagi kamu yang punya gitar rawat baik-baik , karena jika tubuh sampai retak , suara akan langsung berubah atau tidak akan seperti semula meskipun sudah diperbaiki dengan cara didempul atau dengan cara lain.

Demikian 10 struktur detail tubuh gitar akustik . Silakan anda lihat-lihat lagi gitar yang anda punya , dan pelajari seluk beluk gitar yang anda miliki. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan hubungi saya lewat kontak yang sudah saya sediakan di blog ini. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.