Cara Stem Senar Gitar Fals yang Baik dan Benar

Pembelajaran kita saat ini adalah tentang cara stem senar gitar. Bicara soal gitar berarti anda harus tahu bagaimana cara stem gitar. Dan setiap pemula wajib paham cara menyetem gitar . Oleh karena itu saya akan membahasnya dan menjelaskannya untuk kamu yang masih pemula.

Apa itu stem atau tuning gitar ?

Stem gitar sudah pernah saya jelaskan di bagian "materi gitar" sebelumnya dengan judul '10 struktur tubuh gitar' . Untuk kamu yang belum belajar materi tersebut silakan menuju ke artikel tersebut.

Stem atau tuning gitar berada pada kepala gitar atau ujung gitar dan tepatnya pemutar tersebut berada pada sisi-sisi kepala gitar dengan jumlah 6 buah. Setiap pemutar memiliki 1 senar . Stem gitar memiliki roda gigi pada bagian belakang kepala gitar ( anda bisa lihat sendiri ) sehingga jika di putar,  senar akan mengikuti kemana arah putaran tersebut. Biasanya roda gigi yang berada di bagian belakang kepala memiliki baut pada bagian tengahnya yang bisa dibuka jika mengalami kerusakan kerusakan ringan pada tuning .

Masalah yang sering dihadapi Tuning gitar

Masalah pada sebuah gitar bisa berbeda-beda salah satunya dalam hal alat pemutar senar atau tuning gitar , contohnya terkadang alat pemutar mengalami karat karena faktor umur gitar , pada saat mencoba untuk diputar agak sulit atau agak keset saat di putar. Solusi yang biasa saya gunakan adalah dengan cara memberikan sedikit minyak ( bisa minyak sayur atau minyak bayi ) untuk melumas bagian roda gigi bagian belakang. Sehingga alat pemutar dapat dengan mudah digerakkan.

Menyetem gitar itu bisa terjadi karena beberapa hal :

# Nada terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Biasanya jika nada yang dirasa terlalu tinggi , maka biasanya akan direndahkan melalui alat stem / pemutar /tuning ini, begitu juga sebaliknya. Ini semua tergantung si pemakai , dan yang pasti senar bisa di buat menjadi nada yang tinggi dan nada yang rendah sesuai kehendak kamu . Asal kamu tahu caranya.

# Senar baru.
Senar baru yang ditempel pada gitar akan selalu kembali mengendur. Ini tidak ada kesalahan sama sekali pada gitar anda, dan ini wajar karena senar gitar yang baru masih licin dan sering mengendur dengan sendirinya. Oleh karena itu sebagai pemula di wajibkan bisa menyetem gitar agar sewaktu-waktu jika ada senar yang mengendur atau putus anda bisa memasang sendiri senar yang baru dan menyetemnya.

# Senar fals.
Senar bisa fals karena tersenggol atau jatuh sehingga mengenai bagian pemutar dan akhirnya senar menjadi fals, atau bisa juga karena faktor disimpan terlalu lama di tempat yang agak lembab. Ini bisa menyebabkan senar mengendur dan mengakibatkan senar menjadi fals. Dan lebih parahnya jika gitar terus menerus disimpan terlalu lama pada tempat lembab , akan mengakibatkan leher gitar melengkung ( faktor: kayu gitar yang kurang bagus).

Aturan Menyetel / Menyetem / Memutar Stem

Ada beberapa cara yang orang lakukan saat menyetem gitar , anda boleh memakai cara apapun sesuai kenyamanan anda.

# Menyetem gitar dengan Menggunakan alat atau tool ( khusus gitar listrik/elektrik ). Seiring kemajuan dan canggihnya tehnologi gitar listrik bisa di stem menggunakan  tool atau alat. Alat ini bisa kamu dapatkan di toko musik atau toko khusus gitar. Tapi untuk pemula lebih baik mempelajari cara manual dulu untuk stem gitar kopong/gitar akustik. Karena bisa sambil belajar membuat peka telinga kamu dengan suara gitar. Kalau kamu ingin tahu seperti apa alatnya kamu bisa lihat di internet , banyak sekali contoh-contoh alat stem gitar yang bisa kamu temui disana.

Cara menyetem dengan alat atau tools nya cukup sederhana. Anda tinggal menempelkan alat stem tersebut pada bagian kepala gitar setelah itu kamu tinggal petik salah satu senar fals yang akan kamu perbaiki.

# Menyetem Gitar dengan aplikasi gitar di smartphone atau android . Ini juga terbilang simpel karena kamu bisa download aplikasi gitar di smartphone atau android kamu. Caranya adalah setelah kamu mendownload aplikasi gitar itu pada smartphone atau android , kamu bisa menyamakan suara yang dihasilkan dari aplikasi tersebut dengan gitar yang kamu pakai. Jika dirasa sudah sama , kamu bisa coba memetik atau mengocok gitar untuk mengetes apakah sudah benar atau belum.

# Menyetem Gitar dengan Cara Manual. Cara ini lebih saya kedepankan untuk anda yang masih pemula karena dengan cara ini kamu bisa lebih peka dengan suara senar. Meskipun ada beberapa cara yang orang lakukan untuk menyetem gitar cara manual , tapi saya akan coba mengenalkan anda dengan cara menyetem cara manual yang saya lakukan.


Note : Kekurangan dari tools adalah tidak bisa menyesuaikan nada senar sesuai keinginan dan kekuatan gitar saat menahan senar , karena sebuah tools itu sudah disetting dengan nada yang sedemikian rupa. Berbeda dengan kita menyetelnya gitar secara manual , selain bisa menyesuaikan nadanya agar tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, kita bisa tahu ketahanan senar pada  gitar. Cobalah untuk menyetem senar gitar agar tidak terlalu tegang atau kendur , agar saat gitar dipakai suaranya tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah.

Gambar dan penjelasan Cara Manual

Pertama kamu siapkan gitar yang senarnya fals. Gitar terdiri dari 6 senar dan setiap senar memiliki suara yang sama dengan senar bagian atasnya.

Senar 6  dikolom 5 = senar 5 


Cara Stem Senar Gitar Fals
Penjelasannya : Suara yang dihasilkan dari senar nomor 5 harus sama dengan yang dikeluarkan pada senar 6 di kolom fret 5 yang ditekan. Note : senar 5 tidak perlu di tekan.


Senar 5 di kolom 5 = senar 4


Cara Stem Senar Gitar Fals
Penjelasannya : Suara yang dihasilkan dari senar nomor 4 harus sama dengan yang dikeluarkan pada senar nomor 5 di kolom  fret 5 yang ditekan. Note : senar 4 tidak perlu di tekan.


Senar 4 di kolom 5 = senar 3


Cara Stem Senar Gitar Fals
Penjelasannya : suara yang dihasilkan dari senar nomor 3 harus sama dengan yang dikeluarkan pada senar nomor 4 di kolom fret 5 yang ditekan. Note : Senar 3 tidak perlu di tekan.



Senar 3 di kolom 4 = senar 2


Cara Stem Senar Gitar Fals
Penjelasannya : suara yang dihasilkan dari senar  nomor 2 harus sama dengan yang dikeluarkan pada senar nomor 3 di kolom fret 4 yang ditekan.Note senar 2 tidak perlu di tekan.




Senar 2 di kolom 5 = senar 1


Cara Stem Senar Gitar Fals
Penjelasannya : suara yang dihasilkan dari senar nomor 1 harus sama dengan senar nomor 2 di kolom fret 5 yang ditekan . Note : Senar 1 tidak perlu ditekan.


Susah ? memang susah kalau tidak dipelajari . Sebetulnya tidak sama sekali sulit kalau kamu baca - praktek lalu balik lagi  baca - praktek lalu balik lagi baca- praktek  sampai kamu benar-benar bisa praktekan. Saya yakin kalau ada niat dan praktek , kamu pasti bisa kok.