Cara Memasang Senar Gitar yang Baik dan Benar

Apalah arti gitar jika tanpa senar ? Apalah artinya senar jika tanpa gitar ? Keduanya saling melengkapi satu sama lain, hingga menciptakan sebuah harmoni saat dimainkan. Di materi Belajar kali ini kita masuk ke cara memasang senar Gitar yang baik dan benar.

Sebagai pemula yang baru terjun kedunia musik khususnya gitar diwajibkan untuk bisa memasang senar gitar sendiri. Jadi jangan cuma memainkan gitar nya saja yang bisa , kamu pun harus bisa memasang senar gitar tentunya.

Sebelum masuk ke cara memasang gitar , Jika ada yang masih baru datang ke blog ini silakan pelajari materi-materi sebelumnya yang sudah saya siapkan gratis buat kamu. Pelajari dari awal, jangan sampai loncat-loncat dalam mempelajari gitar,karena anda tidak akan berhasil jika terus seperti itu.

Materi sebelumnya yang bisa kamu temukan di blog ini :
1.  10 strukur detail tubuh gitar Akustik ( Ini tentang bagian-bagian penting gitar )
2. Cara memasang senar gitar yang baik dan benar ( yang saat ini anda baca )
3. Cara stem senar gitar fals yang baik dan benar ( Ini tentang memperbaiki senar yang fals )

Silakan anda cari artikel tersebut kopi paste ke 3 judul di atas dan tempel di kotak pencarian agar anda dapat mempelajarinya dari awal.

Cara Memasang Senar Gitar

Semua orang pasti punya caranya masing-masing saat memasang senar gitar , Namun itu tidak menjadi masalah , yang menjadi masalah adalah bagaimana agar senar yang dipasang menjadi rapih dan tidak acak-acakan .

Cara yang saya pakai untuk memasang senar gitar tidaklah sulit dan anda pasti bisa melakukannya sekarang juga. Selain itu cara yang saya pakai membuat senar gitar sangat rapih saat dikaitkan pada stem di atas kepala gitar. Oke,  Sebelumnya silakan kamu lihat dan amati terlebih dahulu gambar di bawah ini.

Masukkan ke jalur ekor atau ujung tubuh gitar ( ditempat bridge)

Cara Memasang Senar Gitar yang Baik dan Benar
Siapkan dulu gitar dan senar baru anda yang akan di pasang.  Jika senar yang putus belum di cabut , silakan kamu lepas terlebih dahulu sebelum dipasang yang baru.

Setelah semuanya siap , yang pertama kamu lakukan adalah memasukkan ujung senar gitar yang baru tersebut lewat belakang atau ekor gitar. Anda bisa lihat gambar di samping. Untuk gambar disamping yang putus adalah senar nomor 5 jadi saat memasukkan senar tentu lewat jalur nomor 5 juga yang sudah disediakan pada gitar . Jadi sama hal nya dengan gitar yang kamu punya , jika senar kamu yang putus nomor 1 misalnya , maka masukkan lewat jalur nomor 1 di bagian ekornya , begitu juga nomor 2,3,4 dan seterusnya. Jangan sampai salah , karena jika salah pun tidak akan masuk. ( Note : ujung Senar yang berbentuk bulat  )


Tekan Senar sampai benar-benar masuk

Cara Memasang Senar Gitar yang Baik dan Benar
Setelah senar gitar dimasukkan lewat ujung gitar atau di tempat 'bridge' , Silakan kamu tekan senar tersebut sampai benar-benar masuk ke dalam seperti gambar di samping.


Gambar disamping adalah senar dengan warna bulu pink di ujungnya. Tarik tapi perlahan saja senarnya sampai bulu pink tidak terlihat atau nampak sedikit saja.

Jangan lupa juga saat menarik senar gitar kamu simpan senar pada jalurnya seperti gambar disamping yang berwarna putih atau saya sebut itu 'tulang ekor gitar' . Biasanya disitu sudah ada tempatnya untuk tempat menempelnya senar. Jadi jangan sampai disimpan diluar jalur meskipun senar diletakkan di area tulang ekor berwarna putih tersebut. ( Note : ujung senar yang berbentuk berbentuk bulat )

Masukkan Ujung senar ke kepala Gitar

Cara Memasang Senar Gitar yang Baik dan Benar
Setelah senar dimasukkan pada bagian bridge atau ujung tubuh gitar . Sekarang kamu bisa memasang ujung senarnya yang satunya lagi pada bagian kepala gitar atau headstock. 

Pada bagian kepala gitar ada tempat untuk memasukkan senar seperti gambar disamping. Jadi ibarat bola kaput pasti ada jarumnya, seperti itulah kira-kira cara memasukkannya. 

Selain itu kamu juga harus memperhatikan jalur senar pada bagian leher atau nut atau juga disebut tulang leher berwarna putih. Jangan sampai pada saat kamu memasang ujung senar di kepala gitar dan memutar stem tapi tidak memperhatikan jalur senar di leher. Nanti saya jelaskan saja lewat gambar.

Lilitkan Senar pada tempat pengaitan

Cara Memasang Senar Gitar yang Baik dan Benar
Gambar disamping adalah cara mengaitkan senar agar rapih. Caranya sebagai berikut :

1. Saat senar dimasukkan kedalam seperti contoh no.3 di atas , kemudian yang kamu lakukan adalah melilitkan senar satu kali saja bisa ke arah kiri atau ke arah kanan. seperti pada contoh disamping saya ambil yang ke arah kanan.

2. Setelah senar dililit sekali , tahan menggunakan jari anda, agar lilitan yang diputar tadi tidak lepas.

3. Setelah itu lakukan putaran pada stem gitar yang ada di samping gitar anda masing-masing, sampai senar benar-benar melilit dengan rapih (lihat contoh).

4. Perhatikan Saat memutar senar, jangan pernah melepaskan tangan anda dari senar dan kalau bisa tahan atau sedikit tarikan perlahan,sampai benar-benar tidak kendur lagi. Jika tidak hasilnya tidak akan rapih atau lilitan akan terbuka kembali.

Hasil senar yang di putar

Cara Memasang Senar Gitar yang Baik dan Benar
Nah gambar disamping adalah hasil putaran dari alat stem gitar . Ingat saya kasih tahu sekali lagi , bahwa saat memutar pada alat stem gitar , tangan kanan anda ikut menarik perlahan saja tujuannya agar pada lilitan pertama tidak lepas dan rapih, sementara tangan kiri perlahan-lahan memutar alat stem.

Dan anda bisa lihat hasilnya disamping, rapih dan tidak acak-acakan serta sisa lilitan ujung bisa kamu potong jika terlalu panjang . Jika hasil yang kamu buat tadi kurang bagus , ulangi lagi dan buka kembali , kemudian kamu lihat dari awal cara yang sudah saya sampaikan.

Ingat Jalur senar harus pas!

Cara Memasang Senar Gitar yang Baik dan Benar
Seperti yang sudah saya katakan tadi , bahwa jalur senar haruslah sesuai dan tidak lari ke jalur lain, seperti pada gambar disamping . 

Jalur-jalur ini dibuat khusus untuk satu senar saja tidak boleh lebih dari satu , karena jika lebih dari satu tidak akan menghasilkan suara benar.

Lakukan pemeriksaan selagi senar gitar masih kendur, agar pada saat senar keluar jalur tidak terlalu sulit untuk diperbaiki dan tidak perlu repot-repot lagi harus mengendurkan kembali senar yang kamu tadi putar. Kan capek harus kerja  dua kali. 

Kesimpulan

Untuk pertama kali pasti akan sedikit mengalami kesulitan . Tapi ini bukan menjadi hambatan kamu untuk belajar bereksperimen memasang senar gitar . Jika dirasa cara yang saya jelaskan di atas terlalu sulit , silakan cari cara yang lebih mudah untuk kamu lakukan.

Jangan terlalu terburu-buru saat memasang senar , dan keadaan senar jangan terlalu tegang saat dipasang, karena jika senar terlalu tegang bisa cepat putus kembali. Selain itu bisa membuat batang gitar menjadi bengkok jika terus menerus keadaan senar gitar terlalu tegang seperti ini.

Oke saya rasa cukup untuk pembelajaran kali ini tentang Cara memasang senar gitar yang baik dan benar . Selamat belajar dan semoga bermanfaat.