Belajar Kunci Dasar Gitar B untuk Pemula

Belajar kunci Gitar B - Kunci Dasar gitar selanjutnya adalah kunci B . Jadi bagi yang belum tahu bagaimana Penempatan jari pada dasar kunci gitar A kamu, kamu bisa lihat di artikel sebelumnya.

Kunci B adalah kunci dasar yang membutuhkan peletakan 4 jari kamu, sebagai contoh kamu bisa lihat gambar di bawah.

Belajar Kunci Dasar Gitar B untuk Pemula
Seperti yang terlihat pada gambar di atas ada 4 jari yang berperan disini antara lain jari telunjuk , Jari Tengah , jari manis dan terakhir jari kelingking. Semua berperan aktif untuk mendapatkan suara yang nyaring. Tentu kamu harus tahu dan belajar cara benar menekan senarnya sampai akhirnya  kamu mendapatkan suara yang nyaring keluar.

Nah bagaimana peraturan letak jari yang benar ?

Seperti yang kamu lihat pada gambar di samping. Ada beberapa angka yang bisa kamu ikuti , angka disitu menunjukkan jari yang harus kamu letakkan pada senar tersebut.

Note : senar nomor 1 itu adalah senar paling bawah sedangkan senar nomor 6 itu adalah senar paling atas. Jadi hitungan angka gitar itu dari bawah bukan dari atas.Jangan sampai terbalik ya.

Aturannya jari pada senarnya seperti ini :
  • Senar nomor 1 - 5 - 6 adalah senar yang harus di tekan oleh telunjuk kamu . Ini berada pada bagan fret ke 2 dari ujung
  • Senar Nomor 2 adalah senar yang harus kamu tekan oleh jari kelingking
  • Senar Nomor 3 adalah senar yang harus kamu tekan oleh jari manis
  • Senar Nomor 4 adalah senar yang harus kamu tekan oleh jari tengah
Masih kesulitan untuk meletakkan jari kamu pada bagan fret ? Saya coba bantu dengan cara sederhana

# Pertama kamu letakkan jari telunjuk kamu pada bagan fret nomor 2 , usahakan semua menutup dari senar nomor 1-6 ( jangan dilepas).

# Setelah itu kamu letakkan jari kelingking pada senar nomor 2 dibagan fret ke 4 (jangan dilepas)

# Lanjutkan dengan jari manis pada senar nomor 3 dibagan fret ke 4 ( jangan dilepas)

# Terakhir jari tengah kamu letakkan pada senar nomor 4 dibagan fret ke 4 ( jangan dilepas)

Note : Untuk jari kelingking,jari manis,dan jari tengah wajib berada pada bagan fret nomor 4 ya jangan sampai keluar dari bagan tersebut atau menyentuh fret .

Mungkin pertama kali kamu melakukan ini agak sedikit kaku dan pegal , itu hal yang wajar . Lakukan terus langkah yang saya berikan sampai kamu paham peletakan jari pada senar diluar kepala dan saya yakin jika sudah diluar kepala kamu pasti bisa membentuk kord B pada bagan fret tanpa harus melihat dan merasa pegal sama sekali.

Oke lanjut, setelah kamu meletakkan jari pada senar dengan baik , kamu bisa sambil mengocok senar gitar dengan arah (bawah-atas-bawah) coba dengarkan baik-baik suara yang dihasilkan dari penekanan senar oleh jari yang kamu buat tadi. Jika suara yang dikeluarkan terdengar kurang bagus, tidak apa-apa lanjutkan terus sampai suara yang dihasilkan terdengar bagus . Kamu cuma butuh penekanan senar yang benar saja perlahan-lahan tapi pasti.

Poin Kesimpulan

1. Peletakan Jari pada senar gitar berpengaruh pada suara yang dihasilkan
2. Usahakan belajar rutin peletakan jari dulu untuk membentuk sebuah kunci sampai hapal
3. jika pegal karena belum terbiasa , istirahatkan sebentar lalu mulai lagi.

Semua usaha pasti akan membuahkan hasil . Jika kamu rutin dan tekun maka kamu akan cepat bisa. Semoga membantu.