Mengenal Gitar dan Asal mulanya

Mengenal Gitar dan Asal mulanya


Asal Muasal Gitar

Bicara soal gitar sudah pasti mempunyai banyak definisi atau arti , namun menurut pandangan saya sendiri gitar adalah sebuah alat musik yang terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa disertai pelengkap bernama senar atau nilon yang menghasilkan bunyi atau nada.

Gitar pada umumnya memiliki banyak jenis dan setiap negara pasti mempunyai jenis gitarnya sendiri-sendiri. Jadi kalau bicara soal sejarah gitar bisa salah bisa benar , karena disetiap negara pasti mempunyai asal-usulnya sendiri.

Sejarah gitar menurut wikipedia sendiri mengatakan bahwa alat musik ini berasal dari persia dan namanya pun bukanlah gitar tapi citar. Tapi ini masih belum ada bukti penguat yang membuktikan bahwa gitar asal muasalnya dari persia. karena beberapa negara seperti afrika juga mengklaim bahwa gitar berasal dari negaranya.

Penjelasan Singkat : Jenis dan bentuk Gitar

Setiap negara mempunyai jenis gitarnya masing-masing dan bentuk yang berbeda pula. contoh gitar keroncong yang memiliki bentuk kecil dan memiliki 4 senar, gitar klasik bentuknya standar namun pada bagian batangnya lebih besar dan senar yang dipakai adalah nilon, lalu gitar yang umumnya di gunakan memiliki bentuk yang tidak ubahnya seperti gitar klasik namun pada bagian batang lebih kecil daripada gitar klasik.

Pada dasarnya lubang resonansi yang terdapat pada gitar berada di bagian ujung stang atau tubuh gitar (yang berbentuk lingkaran), namun anda tidak akan pernah melihat lubang resonansi ini pada jenis gitar listrik, meskipun pada awalnya menurut wikipedia gitar listrik pertama kali yang diciptakan masih mempunyai lubang resonansi yang dibuat oleh George Beauchamp pada tahun '31-an, karena seiring kemajuan yang berlangsung, gitar listrik kini tidak memiliki lubang resonansi alias polos dan memiliki bobot lebih berat daripada gitar biasa ( akustik maupun klasik).

Struktur atau bagian-bagian gitar

Ada 3 bagian dalam gitar yang pertama adalah bagian kepala gitar yang kedua adalah bagian batang atau saya menyebutnya stang gitar dan yang terakhir adalah bagian tubuh gitar.

Pada umumnya Gitar yang kita pakai sehari-hari mempunyai struktur tersendiri yang terdiri dari bagian atas atau sebut saja kepala gitar. Fungsi kepala gitar sendiri untuk mengatur menyetel nada agar tidak fals , yang kedua adalah batang gitar. Batang gitar sendiri seperti yang saya sudah jelaskan mempunyai 2 jenis yaitu batang yang besar dimiliki oleh gitar klasik sedangkan batang standar dimiliki oleh gitar akustik.Namun fungsinya sama yaitu untuk menempatkan 6 senar dari kepala sampai ujung tubuh gitar. Terakhir adalah tubuh gitar fungsinya untuk membuat suara atau nada yang dihasilkan dari 6 senar yang menempel pada kepala sampai ujung tubuh gitar.

Aksesoris pada gitar

Dulu tidak ada sama sekali aksesoris , namun seiring dengan kemajuan dan kebutuhan maka aksesoris mulai masuk ke dunia gitar seperti plektrum atau saya menyebutnya klaber , fungsi klaber ini dipakai untuk mengocok senar agar suara yang dikeluarkan lebih jernih dan terdengar merdu. Selain itu menjaga kuku kita agar tidak terluka jika menggunakan jari.

Selain gitar yang memakai plektrum atau klaber , gitar bass dan gitar melodi pun sering dan wajib menggunakan plektrum karena hasil suara yang keluar dari gitar jenis elektrik ini akan terdengar lebih sempurna dan merdu.

Aksesoris selain plektrum adalah tali pengait gitar ( dibahu ) untuk menahan gitar menggunakan bahu , bertujuan agar pada saat tampil sambil berdiri gitar tidak jatuh.

Fungsi Keseluruhan Gitar

Secara keseluruhan Gitar berfungi untuk mengeluarkan sebuah suara dan menghasilkan nada-nada tertentu. Hasil yang dikeluarkan dari suara gitar bisa dipadukan dengan bass , drum, piano sehingga tercipta musik dengan sebuah nada yang sama.

Untuk bisa menguasai gitar harus mengetahui terlebih dahulu kunci-kunci gitar yang terbilang sangat luas dan tentu bisa dipelajari perlahan-lahan. Nada yang dihasilkan gitar terdiri dari kunci dasar A sampai G yang mempunyai turunan-turunan kuncinya masing-masing. Ini bisa dipelajari dan dibahas di artikel lain.

Itu dia sedikit penjelasan tentang gitar dan asal muasal tentang gitar yang bisa anda pelajari dan ketahui . Semoga bermanfaat.