Pentingnya Genre Musik Untuk Seorang Pemula

Pentingnya Genre Musik Untuk Seorang Pemula
Ada banyak Genre atau aliran musik di dunia antara lain klasik, pop , jazz , rock , metal , melayu , dangdut, hip-hop, techno dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, Semua mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Dari sekian banyaknya genre di dunia , anda harus tahu bahwa semua genre tersebut berawal dari satu jenis yaitu klasik. Oleh karena itu semua musisi profesional pasti mengatakan bahwa "Musik berawal dari klasik". 

Sebuah genre diciptakan bukan hanya untuk membedakan sebuah jenis lagu saja , namun sebagai identitas yang harus dimiliki oleh seorang musisi. Setiap musisi pasti mempunyai genre yang melekat dalam hidupnya. Contoh Oni ( musisi ) genre musik dia adalah klasik . Namun uniknya kelebihan sosok musisi dengan genre klasik ini adalah mampu memainkan segala jenis musik .

Contoh diatas adalah sebuah identitas seorang musisi , dengan memiliki sebuah genre yang melekat erat dengan hidupnya mengartikan dia memiliki kiblatnya sendiri dari sebuah musik.

Begitupun dengan anda yang saat ini sedang mencoba masuk ke dunia musik dan berniat ingin menjadi seorang seniman musik,ada baiknya anda mulai memiliki "identitas musik" mulailah untuk merasakan  jenis musik yang paling kamu sukai dan jadikan itu sebagai identitas kamu.

Mengapa genre musik terkesan penting ?

Pertama yang harus kamu ketahui adalah sebuah genre musik bisa membuat kamu merasa nyaman dengan aliran musik yang kamu rasakan. dan yang kedua adalah kamu tidak akan pernah bosan dengan aliran musik yang kamu sukai, dan yang terakhir adalah kamu bisa menciptakan dan mengembangkan sebuah lagu dengan jenis aliran musik yang kamu sukai.

Jika kamu menyukai jenis lagu rock , jadikan itu sebagai identitas kamu. Atau kamu menyukai aliran jazz, jadikan itu sebagai identitas kamu. Sebab ini langkah awal kamu menjadi musisi.

Di tahun 2015 ini sudah banyak aliran-aliran musik yang baru . seperti jenis musik techno contohnya linkinpark yang katanya mulai merambah dan menyatukan jenis musik rock dengan techno. Ini adalah tentang kemajuan dalam hal musik . Karena musik itu tidak ada ujungnya. Selain itu bukan tidak mungkin jika di tahun-tahun yang akan datang akan tercipta musik-musik dengan genre-genre baru.

Namun yang pasti itu tidak mengubah genre yang sudah ada sebelumnya, Ini hanya bentuk evolusi dari beberapa genre yang disatukan saja.

Genre Musik Saya

Genre musik saya Jazz , dan saya sendiri mengenal jazz pada saat pertama masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) meskipun pada saat itu saya belum terlalu mengenal lebih dalam tentang dunia jazz , tapi ketertarikan saya dengan aliran ini membuat saya bersemangat dan mulai menjadikan musik sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hidup saya.

Meskipun Aliran ini tergolong jenis musik melankolis dan berbau romantis atau kesedihan tapi saya tetap suka dan cinta dengan jenis aliran ini. Ini yang menjadikan identitas saya dimata musisi-musisi lainnya. Jadi saat saya punya grup band pun, anggota band saya sudah tahu kalo aliran saya itu jazz. 

Sejak itulah saya mulai mendalami apa itu jenis aliran jazz, mulai menyukai (nge-fans) beberapa penyanyi dan pemusik profesional beraliran jazz. Dan akhirnya sampai saat ini saya tetap menikmati alunan musik jazz (meskipun sampai saat ini belum mampu membuat sebuah lagu jazz) :) . Itu dia genre musik saya pribadi. Jadi apakah genre musik anda ?

So.. this is the point of my article

Jika anda adalah seseorang yang baru akan terjun ke dunia musik , milikilah "identitas musik" . Tidak perduli orang akan suka atau tidak dengan genre musik yang anda sukai, tapi itulah jati diri anda di dunia permusikan. Sebab sebuah musik itu bisa diterima oleh hati tapi tidak sepenuhnya dengan otak.

Semoga bermanfaat dan salam musisi !