Belajar Kunci Gitar Dasar A untuk Pemula

Bagi kamu yang baru memulai belajar gitar dari awal sekali , sebaiknya mengenal terlebih dahulu kunci-kunci paling dasar . Ada 7 kunci dasar gitar yang harus dipahami pemula antara lain:

kunci dasar A , kunci dasar B , kunci dasar C , kunci dasar D , kunci dasar E , kunci dasar F , kunci dasar G . 

Setiap kunci dasar gitar memiliki turunan atau pengembangannya masing-masing,contoh kunci dasar A pengembangannya adalah Am , Am6 , A7 dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan kunci B,C,D,E,F dan kunci G yang memiliki pengembangan yang berbeda-beda.

Namun sebagai pemula anda tidak perlu langsung mengenal semua pengembangan tersebut, karena seiring pembelajaran, anda pasti akan menguasainya sedikit demi sedikit.

Nah,kali ini saya ingin berbagi kunci dasar dan peletakan jari pada bagan fret yang benar. Contoh gambar kunci dasar gitar "A" seperti dibawah ini.

belajar kunci gitar dasar A
penempatan jari yang benar pada bagan fret akan menghasilkan 
suara yang merdu.Oleh karena itu sebagai pemula wajib untuk 
belajar menghapal dan membuat penekanan senar yang baik oleh jari.  
Penjelasan : kunci A berada di fret ke 2 dari batang gitar . Jadi untuk kunci dasar A penempatan jarinya pun harus tepat agar saat di "genjreng" atau di "petik" bisa terdengar merdu. 

Aturan Dasar Jari Pada Senar Gitar

Penempatan jari pada bagan atau kolom fret:
  • Jari telunjuk menekan senar gitar no.4
  • Jari tengah menekan senar gitar no.3
  • Jari manis menekan senar gitar no.2
Jadi ketiga penempatan jari semuanya ada di bagan fret ke-2 seperti gambar di atas. usahakan untuk penekanan senar tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar karena ini bisa mempengaruhi suara yang dihasilkan saat di petik atau di kocok.

Untuk pemula biasanya akan sedikit kaku, tapi tidak apa-apa anda bisa terus berlatih sampai anda bisa menempatkan posisi kunci dasar A tanpa harus melihat.

Jika anda merasa kurang nyaman dengan peletakan jari di atas maka  dibawah ini gambar versi kedua dalam penempatan jari pada kunci dasar A ( ini hanya sebagai alternatif saja ).

Belajar kunci gitar dasar A versi ke 2
penempatan jari pada gambar ini adalah versi ke-2. sebetulnya tidak 
ada perbedaan dari versi pertama. untuk penempatan jari ini adalah
 alternatif jika saat versi pertama tidak merasa nyaman saat 
menempatkan jari pada bagan fret.
Penjelasan : penempatan jari untuk versi yang kedua ini agak berbeda sedikit dengan yang di atas namun tidak merubah suara yang dikeluarkan dari penempatan jari versi di atas. Saya berikan versi yang kedua karena setiap orang pasti mempunyai kenyamanan sendiri-sendiri saat menempatkan jarinya di bagan fret gitar.

Penempatan jari pada bagan fret :
  • jari tengah menekan senar no.4
  • jari manis menekan senar no.3
  • jari kelingking menekan senar no.2
Ketiga jari tetap sama seperti pada contoh pertama yaitu berada pada bagian bagan fret ke 2 seperti yang sudah saya contohkan di gambar. 

Usahakan dan lakukan secara rutin setiap hari sampai anda hapal membentuk jari anda pada bagan fret , Selain itu jangan dulu ke tahap di genjreng atau petik, sampai anda benar-benar hapal terlebih dahulu bentuk kunci A. 

Atau jika memang anda memaksa sambil mengocok gitar lakukan kocokan ke arah "bawah-atas" saja dan dengarkan suara yang keluar dari tekanan jari yang anda tempel pada senar gitar apakah sudah terdengar merdu atau sumbang . Jika masih sumbang silakan anda perbaiki cara menempelkan jari anda pada senar.

Catatan : jangan pergi ke kunci lain jika anda masih belum matang dengan kunci A ini. karena kalau loncat-loncat anda tidak akan pernah bisa-bisa. Jadi konsisten perhari anda belajar satu kunci sampai bisa . Jadi sedikit-sedikit lama-lama anda menguasai semua kunci dasar. Semoga bermanfaat dan Selamat belajar.