Belajar Kunci Gitar Dasar F untuk Pemula

Belajar Kunci F - Tidak terasa pembelajaran kita sudah masuk ke kunci F , kalau kamu yang baru pertama kali masuk ke blog ini dan mau belajar dari pertama , kamu bisa lihat artikel-artikel sebelumnya , atau jika tidak ketemu kamu bisa lihat di navigasi bagian atas dan bertuliskan [kunci A] sampai [kunci E] kamu bisa memulainya dari awal. Tidak usah terburu-buru.

Kunci F, kunci yang mirip sekali dengan bentuk kunci C namun yang membedakannya adalah senar yang ditekannya saja. Kamu cuma membutuhkan tiga jari saja untuk membentuk kunci F ini antara lain jari tengah, telunjuk dan jari manis. Sisanya untuk menahan batang gitar.

Agar tidak bingung saat memulai, kamu bisa melihat gambar yang sudah saya siapkan untuk dilihat dan diamati terlebih dahulu sebelum saya jelaskan secara detail.

Belajar Kunci Giar Dasar F untuk Pemula
Setelah kamu amati gambar disamping, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. pertama adalah seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa 3 jari ini berperan saat membentuk kunci F yaitu jari tengah,telunjuk dan jari manis. 

Selanjutnya kamu bisa lihat ada beberapa angka yang saya buat . Angka-angka ini merupakan nomor senar yang harus ditekan untuk membentuk kunci F.

Tentu penekan senar gitar ini perlu tehnik agar saat senar dikocok akan terdengar merdu alias tidak sumbang . Dan ini bisa dipelajari perlahan-lahan.

Jadi Bagaimana aturan kerjanya ? simak artikel ini sampai habis.

*Bagan Fret adalah kolom atau bisa disebut kotak setelah fret / garis pembatas berbentuk lurus ( ini bahasa yang saya gunakan,jadi kalau anda punya bahasa lain silakan)

Aturan jari pada senar gitar

1. Gunakan jari telunjuk pada senar nomor dua di kolom pertama yang berada pada ujung batang gitar )

2. Gunakan jari tengah pada senar nomor tiga di kolom ke dua. Ingat kolom setelah kolom pertama

3. Gunakan jari manis pada senar nomor empat di kolom ke tiga. Ingat kolom ketiga bukan di kolom kedua.

Masih tetap bingung untuk meletakkan jari kamu pada senar gitar ? saya coba bantu dengan cara lebih sederhana lagi.

# Pertama-tama kamu siapkan dulu jari telunjuk. Tekan senar nomor dua tapi pada kolom fret yang pertama. (usahakan jangan sampai jari kamu terlepas dari senar )

# Selanjutnya siapkan kembali jari tengah kamu. Tekan senar nomor tiga tapi pada kolom ke dua ( tetap sama yaitu jangan sampai terlepas dari senar)

# dan terakhir siapkan jari manis . Tekan senar nomor empat pada kolom ke tiga ( jangan lepas )

Nah, akhirnya terbentuk sudah kunci F , yang anda lakukan sekarang seperti biasa .Amati dulu bentuknya dan tempatnya. setelah itu lepaskan lagi. Ulangi kembali langkah membentuk kunci F dari awal seperti yang saya jelaskan tadi sampai kamu merasa sudah benar-benar paham dan hapal diluar kepala. 

Kesimpulan

Biasanya pasti bosan dong kalau cuma membentuk kunci gitar saja , jadi kamu boleh kok sambil mencoba 'genjreng' atau kocok senar hasil bentukan jari kamu. Kalau masih sumbang pun tidak apa-apa , namanya juga lagi belajar . Usahakan jari-jari kamu menekan senar dengan benar agar suara yang dikeluarkan juga bagus dan merdu.

Lakukan hal ini secara rutin sampai kamu benar-benar hapal diluar kepala , tujuannya agar kamu bisa membentuk kunci gitar tanpa harus melihat kebawah. Jangan lupa juga bahwa feel juga dibutuhkan saat kamu belajar kunci gitar . 

Cukup sekian pembelajaran kunci gitar dasar F , kalau ada yang mau ditanyakan silakan hubungi saya lewat inbox yang sudah disediakan di blog ini dan saya pasti akan jawab sebisa saya. Selamat belajar dan tetap semangat !