Belajar Kunci Gitar Dasar C untuk Pemula

Belajar kunci gitar C - Kali ini kita sudah masuk ke pembelajaran kunci gitar C , bagi kamu yang belum mengikuti pembelajaran kunci gitar dasar  A maupun pembelajaran kunci gitar dasar B kamu bisa lihat di artikel-artikel sebelumnya. Kalau tidak ketemu ,  kamu bisa lihat di bagian navigasi atas yang bertuliskan [Kunci A] atau [kunci B].

Kunci C mungkin lebih mudah untuk dipelajari karena bentuk peletakan jarinya tidak serumit kunci B. Dasar kunci C hanya meggunakan 3 jari saja, tapi kalo sudah mahir kamu bisa menggunakan 4 jari. Nanti diartikel selanjutnya akan saya coba buatkan artikelnya kembali.

Coba kamu lihat dan perhatikan peletakan jari pada gambar yang saya buat. 


Belajar Kunci Gitar Dasar C untuk Pemula
Pada gambar di samping ini terlihat bahwa kamu membutuhkan 3 jari untuk diletakkan pada senar antar lain jari telunjuk , jari tengah dan terakhir jari manis.

Ketiga jari ini meskipun terlihat mudah untuk dilakukan namun jangan dianggap sepele , karena jika peletakan jari sudah benar namun kekuatan penekanannya kurang baik maka hasil suara yang dikeluarkan pun akan kurang terdengar merdu. 

Oke, Sekarang yang perlu kamu perhatikan kembali saat ini adalah angka angka. Disini ada angka 5 angka 4 dan angka 2. 

*bagan fret adalah tubuh atau kotak setelah pembatas/fret yang digunakan untuk menyimpan jari kita , kamu bisa lihat pada contoh gambar yang telah disediakan.

Aturan :
  • Gunakan jari telunjuk untuk menekan senar nomor dua pada bagan fret pertama dari ujung kepala gitar.
  • Gunakan jari tengah untuk menekan senar nomor empat pada bagan fret ke dua.
  • Terakhir gunakan jari manis untuk menekan senar nomor lima pada bagan fret ke tiga.
Poin : yang kita gunakan adalah bagan fret pertama , lalu bagan fret ke dua, terakhir pada bagan fret ke tiga.

Masih sulit untuk melakukan peletakan jari pada bagan fret ? Saya coba bantu anda dengan cara sederhana

# Pertama-tama Letakkan Jari telunjuk anda di senar nomor dua pada  kolom atau bagan fret pertama ( jangan dilepas dulu).

# kedua letakkan jari tengah anda pada senar nomor empat pada kolom atau bagan fret ke dua ( sama ini juga jangan dilepas).

# terakhir yang ketiga letakkan jari manis anda pada senar nomor lima pada kolom atau bagan fret ketiga.

Jika sudah benar ,coba kamu kocok senar gitarnya dan dengarkan hasil suara dari peletakan jari yang sudah kamu buat tadi. 

Masih terdengar sumbang atau kurang enak didengar ? tidak apa-apa ini masih tahap belajar, kalau anda rajin dan tekun mempelajarinya , saya yakin nanti kamu bisa membentuk jari kamu tanpa harus melihat.

Suara yang dihasilkan jika ingin bagus dan terdengar merdu , maka yang harus kamu perhatikan adalah penekanannya terlebih dahulu. Penekanan senar yang baik itu tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Jadi yang sedang-sedang saja. Dan kamu juga harus bisa merasakan atau feel untuk belajar gitar.

Kesimpulan

1. Kunci C memerlukan 3 jari kamu yaitu jari tengah ,telunjuk dan jari manis.

2. Bagan fret yang di butuhkan untuk meletakkan jari kamu adalah bagan pertama, kedua dan ketiga

3. Penekanan jari pada senar tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut agar hasil yang dikeluarkan terdengar merdu.

4. Gunakan feel untuk belajar , karena dengan feel kamu bisa lebih cepat paham dan mengerti.

Cukup sekian pembelajaran kunci dasar C , selalu pelajari dan tekuni . Semoga membantu dan semoga bermanfaat buat kalian.