Belajar Kunci Gitar Dasar E untuk Pemula

Belajar kunci E - Tidak terasa sudah masuk ke kunci E. Buat kamu yang pertama kali masuk ke blog ini dan ingin belajar dari awal , sebaiknya belajar dari kunci A yang sudah saya siapkan untuk anda . Coba buka kembali artikel-artikel sebelumnya jika tidak ketemu, kamu bisa lihat di navigasi bagian atas blog ini dan silakan klik tulisan [kunci A] sampai [kunci D]  secara berurutan . Santai saja tidak perlu terburu-buru ingin langsung bisa. Karena blog ini dipersiapkan khusus pemula yang baru terjun ke dunia musik terutama gitar.

Kunci E , tidak berbeda dalam hal mudahnya meletakkan jari anda pada senar gitar seperti kunci A ,  C dan kunci  D yang cukup menggunakan 3 jari anda saja. Jari yang dibutuhkan untuk kunci E adalah jari tengah , manis dan jari telunjuk anda.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat dan meneliti gambar yang saya sudah siapkan untuk anda terlebih dahulu di bawah ini.

Belajar Kunci Gitar Dasar E untuk Pemula
Gambar di samping, seperti yang anda lihat dan saya tulis tadi bahwa kita hanya membutuhkan 3 jari saja untuk membentuk kunci E yaitu jari tengah , manis dan terakhir adalah jari telunjuk. Sangat simpel bukan ?

Namun meskipun terlihat mudah , anda sebagai pemula harus terus belajar dan hapal diluar kepala agar saat membentuk kunci E ini kamu tidak perlu lagi melirik ke bawah untuk membentuk jari-jari kamu.

Selanjutnya pada gambar disamping ada beberapa angka yang mesti kamu pahami terlebih dahulu. Angka-angka ini adalah senar yang harus kamu tekan.


Aturan Jari Pada Senar Gitar

*Bagan Fret adalah kolom atau bisa disebut kotak setelah fret/pembatas berbentuk lurus ( bahasa ini yang saya gunakan)

Aturan kerjanya seperti ini :

1. Gunakan jari telunjuk untuk menekan senar nomor tiga pada kolom fret pertama di ujung kepala gitar.

2. Gunakan jari tengah kamu untuk menekan senar nomor lima pada kolom fret kedua.

3. Gunakan jari manis kamu dan tekan pada senar nomor empat pada kolom fret kedua.

Gimana , masih bingung untuk membentuk kunci E ? saya coba bantu lebih sederhana lagi

# Pertama-tama kamu siapkan jari telunjuk dulu . Lalu kamu tekan senar nomor tiga di kolom pertama atau paling awal di ujung kepala gitar ( jangan dilepas ya)

# Kemudian siapkan jari tengah kamu. Tekan senar nomor lima di kolom ke dua ya ( ingat jangan dilepas)

# Terakhir kamu siapkan jari manis. Tekan senar nomor empat di kolom yang sama dengan jari tengah atau ke dua ( jangan dilepas)

Setelah 3 jari kamu menempel , saatnya mencoba untuk melepaskannya kembali . Lalu ulangi cara tersebut dari awal. Lakukan hal ini sampai kamu hapal di luar kepala dan mampu lebih cepat untuk membentuk kunci E.

Kalau kamu merasa bosan hanya membentuk kunci saja, kamu boleh mencoba sambil mengocok senar gitar dan dengarkan baik-baik suara yang dihasilkan dari peletakan jari-jari kamu. Kalau masih sumbang atau tidak terdengar merdu saat senar di kocok , tidak apa-apa ini masih dalam tahap belajar pembentukan kunci E . Untuk mengocok senar nanti artikelnya dipersiapkan setelah kamu sudah selesai mempelajari kunci dasar A sampai kunci dasar G.

Semakin kamu rajin dan tekun mempelajari pembentukan kunci menggunakan jari , semakin cepat kamu menguasai gitar.

Kesimpulan

1. Tiga jari yang dibutuhkan untuk membentuk kunci E adalah jari tengah,manis dan jari telunjuk.

2. Penekanan senar gitar tidak boleh terlalu kuat dan tidak boleh terlalu lemah , jadi gunakan feel kamu .

3. Rajin dan tekun bisa mempercepat penguasaan kamu pada kunci dasar gitar.

Ok cukup sekian dulu artikel kali ini tentang kunci gitar dasar E , kalau misalnya ada pertanyaan silakan hubungi saya lewat kontak yang sudah disediakan di blog ini. Selamat belajar dan semoga membantu.