Belajar Kunci Gitar Dasar D untuk Pemula

Belajar kunci D - hai , ketemu lagi dengan saya di pembelajaran kunci gitar dasar. Kali ini saya akan mencoba membahas tentang kunci gitar dasar D . Namun sebelumnya kalau kalian masih belum tahu cara peletakan jari yang benar pada kunci A , B dan kunci C silakan kamu cari di artikel-artikel sebelumnya atau kalau tidak ketemu, kamu bisa melihat navigasi laman di bagian atas dengan kata [kunci A] atau [kunci B] dan [kunci C]. Silakan pelajari yang itu dulu sebelum melangkah ke pembelajaran ini.

Kunci D , atau kita sebut dengan kunci dasar ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan 3 jari saja untuk melakukan hal ini , antara lain Jari telunjuk , tengah dan jari manis. Jadi hal ini Sama seperti peletakan jari pada kunci A dan kunci C yang cukup membutuhkan tiga jari saja.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat dan mengamati gambar yang saya siapkan di bawah ini terlebih dahulu.

Belajar Kunci Gitar Dasar D untuk Pemula
Pada Gambar yang sudah saya sediakan disamping ini terlihat bahwa hanya 3 jari saja yang dibutuhkan untuk membentuk kunci dasar D.

Jari yang diperlukan untuk membentuk kunci D antara lain jari telunjuk , tengah dan jari manis.

Selain itu kamu bisa melihat angka-angka yang tertera di gambar. 

Fungsi angka tersebut untuk menandai senar -senar gitar yang digunakan untuk menempelkan jari-jari yang diperlukan antara lain : 

Angka 1 : jari tengah , Angka 2 : jari manis Angka 3 : jari jari telunjuk.

* Bagan fret : badan atau kolom atau bisa juga dikatakan kotak setelah fret/pembatas berbentuk lurus.

Aturan Jari Pada Senar Gitar

Begini aturan peletakan jarinya :
  • Jari telunjuk menekan senar nomor tiga pada kolom ke dua . Ingat kolom nomor dua bukan kolom satu.
  • Jari tengah menekan senar nomor satu pada kolom ke dua. Jadi Peletakan jarinya sama seperti jari telunjuk.
  • Jari manis menekan senar nomor dua pada kolom ke tiga . Jadi untuk jari manis ini berada di kolom ke tiga dan senar nya nomor dua.
Poin : kolom yang digunakan adalah kolom nomor 2 dan nomor 3 dan jari yang digunakan jari manis,tengah dan jari telunjuk.

Masih kesulitan untuk membentuk kunci D ? saya coba bantu kembali

# Pertama-tama kamu gunakan jari telunjuk dulu , dan tekan senar nomor satu (jangan dilepas).

# Lalu setelah itu gunakan jari tengah kamu, dan tekan senar nomor satu (ingat jangan dilepas).

# Terakhir kamu gunakan jari manis, dan tekan senar nomor dua tapi pada kolom ke tiga ( jangan dilepas).

Setelah semua jari menempel pada senar , coba kamu kocok senar gitar  dan dengarkan suaranya.

Apa masih terdengar kurang enak dan tidak merdu? mungkin jari kamu masih kurang begitu pas saat menekan senar. Tidak apa-apa ini kan masih belajar, kamu bisa berlatih terus dengan tekun. 

Kesimpulan

Coba sesekali lepas jari anda dari senar dan bentuk lagi kunci D sampai kamu benar-benar terbiasa dan tidak kaku lagi . Usahakan lakukan ini secara rutin agar kamu lebih cepat menguasai kunci dasar D ini.

Agar tidak bosan jika hanya membentuk kunci saja , lakukan sambil mengocok senar gitar dengan arah (bawah-atas-bawah). Sampai kamu mendengar suara merdu dan tidak sumbang dari hasil penekanan jari . Tips nya jangan terlalu kuat menekan senar dan jangan pula terlalu lemah menekan senar. Jadi dibutuhkan feel kamu juga agar hasilnya merdu.

Cukup sampai disini pembelajaran kunci gitar dasar D.Kalau ada yang ingin kamu tanyakan bisa langsung kontak saya lewat blog ini. Saya pasti akan bantu sebisa saya.